Batik Warisan Leluhur

Spread the love

Batik, Warisan Leluhur yang Harus Dilestarikan

Batik merupakan warisan leluhur, maka dari itu di era yang serba moderen ini semua orang berlomba- lomba untuk menampilkan yang terbaik dihadapan publik, batik menjadi salah satu item fashion yang masih memiliki banyak peminat. Semakin hari fashion tidak hanya menjadi kebutuhan, namun berkembang menjadi sebuah ajang untuk  memamerkan kebolehan setiap pemakainya dalam memadu madankan fashion mereka agar terlihat sedap dipandang orang. Untuk saat ini beberapa item fashion yang sedang hangat dibicarakan diantaranya yaitu Jeans Skinny, Blazer, Jaket Denim. Tapi tahukah kalian jika Baju Batik saat ini juga memiliki banyak peminat?

 

Batik Warisan Leluhur

Mungkin ada diantara kalian ada yang bertanya apa itu Batik?

Batik adalah kain bergambar yang biasanya digambar dengan menggunakan cantingan, atau bisa juga melalui cetak yang dalam prosesnya juga membutuhkan lilin untuk menutupi gambar yang ingin diwarnai berbeda supaya ketika lilin dilepas nanti kain tersebut masih berwarna putih.

Sebenarnya Batik sudah ada sejak lama, namun masih tetap eksis dan masih sering dugunakan hingga sekarang. Para designer ternama Indonesia tidak ragu ragu untuk memasukan batik kedalam salah satu karya mereka untuk memperomosikan penggunaan batik pada era moderen. Karena walau batik sudah ada sejak lamapun jika dapat dikelola dan dijadikan item fashion yang trendy batikpun dapat digunakan oleh semua kalangan, baik muda ataupun tua.Bahkan batik sudah sampai kepenjuru dunia dan banyak diminati oleh warga negara asing sebagai oleh- oleh saat mereka berkunjung ke Indonesia.

Tidak hanya itu, bahkan ada yang sengaja membeli baju batik melalui online, atau melalui butik- butik dari designer ternama Indonesia yang sudah membuka butik mereka di beberapa belahan dunia. Selain dijadikan item fashion, batik juga dapat digunakan sebagai dekorasi rumah, entah digunakan untuk menjadi gorden, taplak meja, penutup tudung saji, dan lain sebagainya. Batik yang terlihat elegan akan membuat suasana ruangan menjadi terlihat lebih enak dilihat meski tidak memiliki banyak dekorasi rumah.

Batik warisan leluhur biasanya memiliki banyak motif tergantung dengan daerah produsen batik tersebut, contohnya adalah:

 

Batik Megamendung

Merupakan batik warisan leluhur dari Cirebon. Motif Megamendung adalah hasil akulturasi budaya Tiongkok yang dikembangkan seniman batik Cirebon sesuai dengan selera masyarakat Cirebon yang mayoritas beragama Islam. Batik Cirebon mulai berkembang ketika pelabuhan Muara Jati menjadi tempat persinggahan para pedagang yang berasal dari Tiongkok, Arab, Persia dan India. Pernikahan antara Sunan Gunung Jati dengan putri Ong Tien merupakan peristiwa yang mengawali akulturasi budaya Tiongkok dan budaya Jawa Keraton. Dulu sekali, motif Megamendung ini hanya digunakan oleh anggota Keraton saja. Sekarang sampai karyawan sampai anak sekolahpun boleh pakai.

Batik Pekalongan

Merupakan batik yang sangat kaya akan warna. Pekalongan adalah kota batik di Indonesia, bahkan mereka memiliki batik warisan leluhurnya sendiri. Banyak sekali pengrajin batik yang bermukim di kota Pekalongan, hingga ke pinggiran kota. Desain batik Pekalongan terpengaruhi oleh beberapa kultur dan bangsa seiring dengan sejarah Indonesia, dari Tiongkok, Belanda dan Jepang. Hal ini membuat batik Pekalongan sangat istimewa dan selalu berkembang sesuai jaman.

Salah satu batik yang sangat indah berasal dari Pekalongan, yaitu batik Hokokai. Pada saat penjajahan Jepang lahirlah batik Hokokai, batik yang sangat indah gambar dan motifnya. Terdiri dari bunga-bunga dan kupu-kupu. Sedangkan kainnya apabila dibentangkan, akan terbagi menjadi dua, yaitu motif pagi dan sore.

Batik Kontemporer

Batik jenis ini tidak lekang oleh motif-motif yang sudah ada. Disebut juga batik modern. Biasanya motif kontemporer dibuat oleh brand-brand batik anak muda. Sehingga sumber inspirasinya tidak melulu melihat dari masa lalu, atau yang sudah ada. Inspirasi ini bahkan bisa datang dari budaya luar, atau kehidupan para pemuda jaman sekarang. Motif kontemporer cenderung memiliki warna-warna yang berani, atau desain yang tidak seperti batik pada umumnya. Sehingga pada aplikasinya, batik jenis ini bisa digunakan untuk kegiatan-kegiatan yang non-formil. Malah bisa aneh jika digunakan untuk acara yang formal.

Ya, itulah sekilas mengenai Batik warisan leluhur yang harus dilestarikan. Jika kalian mencintai Indonesia biasakanlah dengan membeli produk dalam negeri seperti Batik, dengan begitu berarti kalian sudah membantu memajukan pendapatan negara ini. Mari kita berusaha bersama melakukan yang terbaik untuk Bumi Pertiwi kita yang tercinta ini!!!

 

 

 

untuk pemesanan klik saja link dibawah ini!!

Pemesanan

Baca Juga Mymymy Batik Store

 

Jika kalian ingin  tampilan kalian lebih fresh dan terlihat berbeda setelah mengenakan batik, kalian dapat berkunjung ke link dibawah ini!!!

Halwey

Print Friendly, PDF & Email

2 komentar untuk “Batik Warisan Leluhur”

  1. Ping-kembali: Mymymy Batik Store - Mymymy Batik Store || Baju Batik Indonesia

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *